pengertian jaringan LAN

Prinsip Kerja LAN Pada Jaringan Komputer – Jaringan LAN dapat didefinisikan sebagai jaringan atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas pada satu bangunan, satu kompleks bangunan atau kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi publik seperti telepon, namun pemilik dan pengelola media komunikasi adalah pemilik.
Lebih lengkap: Pengertian Jaringan LAN
Dari LAN itu sendiri dari definisi diatas kita dapat mengetahui bahwa LAN dibatasi oleh lokasi fisik. Penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain yang berhubungan.
Kerjasama berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub / switch, akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri.

Prinsip Kerja LAN Pada Jaringan Komputer
Dalam hal ini hub tersebut tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyiaran data disiarkan, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain tabrakan sehingga jika satu port sibuk maka port lainnya harus menunggu. Itu adalah salah satu kelebihan dan kekurangan jaringan LAN
Cara Membuat Jaringan LAN
Jaringan LAN adalah jaringan komputer lokal yang digunakan untuk area terbatas seperti rumah atau sekolah. Jaringan LAN sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan beberapa peralatan dan setting pada komputer.
Alat untuk membangun jaringan LAN
1. Router
Router adalah jantung jaringan. Router bekerja untuk menghubungkan satu jaringan ke jaringan lain. Dalam hal ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN.
2. Switch
Berbeda dengan router, switch bekerja untuk menghubungkan setiap komputer pada jaringan LAN.
3. Ethernet Card
Kartu Ethernet adalah adaptor untuk memasang kabel ethernet sehingga komputer dapat terhubung ke jaringan. Biasanya, di komputer terbaru, kartu ini sudah terpasang onboard sehingga Anda tidak perlu lagi membeli.
4. Ethernet Cable
Ethernet Cable adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga satu komputer dengan komputer lain. Ujung kabel ini diberi konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 setting, yaitu straight dan cross. Lurus digunakan untuk menghubungkan komputer ke router saat cross digunakan untuk menghubungkan komputer secara langsung dengan komputer.
5. Modem
Jika Anda ingin menghubungkan jaringan Anda ke internet, maka Anda juga harus membeli modem. Jika Anda tidak membeli modem, komputer Anda hanya bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat di jaringan LAN.
Peralatan lainnya
Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter.
Alat crimping digunakan untuk menghubungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. Penguji LAN yang digunakan untuk menguji kabel LAN bekerja atau tidak.
Sebagai alternatif untuk mempercepat atau menyederhanakan pekerjaan Anda, Anda bisa bertanya pada penjual kabel ehternet misalnya untuk secara bersamaan memasangkan RJ-45 sehingga Anda cukup memasangkan kabel ke router dan komputer.
Sebelum menyiapkan peralatan diatas. Sebaiknya Anda melakukan perencanaan terlebih dahulu, yang meliputi jumlah komputer, area, sehingga Anda bisa membuat desain kabel yang efektif sehingga bisa menghemat biaya yang dibutuhkan.
Anda menggunakan perangkat lunak seperti cat untuk membuat desain penyiapan jaringan LAN Anda. Setelah itu, maka Anda membeli peralatan yang diperlukan dan pasang peralatan-peralatan diatas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan dan persamaan topologi jaringan

pengertian jenis jaringan PAN

pengertian jaringan MAN